• Jam Buka Toko: Jam kerja : 09.00-17.00
  • Status Order
  • Tlp: 081292183828
  • SMS/WA: 081292183828
  • Line : @bluegreenfarm
  • admin@bluegreenaquascape.com
Terpopuler:

Segala Hal Tentang Hairgrass

20 August 2018 - Kategori Blog

Nama Spesies : Eleocharis vivipara
Synonym : Long hairgrass
Location : Southern USA
Genus : Eleocharis
Family : Cyperaceae
Country : South America
Growth Rate : Moderate
Lighting : Medium – High
pH Tolerance : 6.0-8.0
Hardness Tolerance : Soft – Hard
Demands : Easy
Plant Type : Rosette
Harga : 0

*sumber : plantfinder.indoaquascape.com

Eleocharis parvula atau di Indonesia lebih dikenal dengan istilah Hairgrass atau Long hairgrass, tanaman ini bisa tumbuh mencapai ukuran 3 – 10 cm, tergantung dengan cahaya yang diterima serta nutrisi. Tanaman ini termasuk sebagai tanaman foreground atau biasa disebut tanaman karpet untuk bagian depan pada desain Aquascape.
Banyak asumsi dan anggapan yang berbeda-beda tentang hairgrass, para aquascaper ada yang beranggapan ini tanaman yang sangat mudah, ada juga yang sedang bahkan bagi seorang pemula seperti saya tanaman ini sangat begitu sulit ditumbuhkan.
Hairgrass ditanam pada gelas plastik butuh waktu 8 bulan untuk tumbuh sebanyak itu ~_~!

 

Dikeluarkan dari gelas plastik
Karakter tanaman ini sangat mudah tumbuh, dengan media yang pernah saya coba pasir malang di campur dengan tanah pupuk atau media tanam kemasan dengan perbandingan 1 : 1. Hairgrass akan tumbuh pendek jika cahaya yang dibutuhkan tercukupi. Jika cahaya berlebih tanaman ini akan tetap tumbuh tetapi bersamaan dengan tumbuhnya alga jenis rambut (hair algae).

 

Hairgrass memiliki waktu tumbuh cukup lama jika ditanam dalam wadah gelas plastik yang dipenuhi dengan air (tanaman terendam air), jika ditanam secara emersed tanaman ini cukup cepat tumbuh 4 – 6 minggu tanaman akan memenuhi pot plastik. Penanaman di aquarium kita perlu membagi dalam beberapa bagian kecil agar mudah di saat penanaman, gunakan pinset agar mudah menanam.
Penanaman pada aquarium sebaiknya satu pot dipisah menjadi beberapa bagian seperti pada gambar ^_^
Hairgrass Cup Tanaman Aquascape

Rp 8.000

Setelah 3 minggu setelah penanaman hairgrass
Perawatan hairgrass cukup dilakukan pemotongan jika dirasa perlu, karena kebutuhan setiap desain yang di buat atau setiap aquascaper berbeda-beda. Jika memang ingin di lakukan trimming sebaiknya disisakan setinggi 2 cm, agar tanaman tetap hidup. Gunakan gunting khusus atau yang sudah dibersihkan terlebih dahulu agar tanaman atau habitat aquascape tidak mati, terinfeksi dari gunting yang kita pakai.
Pemberian CO2 dengan sistem DIY memepercepat pertumbuhan Hairgrass
Penggunaan Co2, 3-5mg / liter disertai dengan pemberian pupuk akan mempercepat pertumbuhan tanaman ini. Untuk perbanyakan anda bisa mencoba pada gelas plastik atau wadah lain, media pasir dicampur dengan media tanah humus, masukkan media pada wadah setinggi 3 – 4 cm, basahi media agar mudah di dalam penanaman, pisahkan hairgrass menjadi 2-3 bagian (1 bagian biasanya terdiri dari 3 – 5 daun 1 akar), tanam pada media beri jarak antar tanaman sekitar 1 cm sesuai ukuran wadah. Setelah penanaman sebaiknya tidak diletakkan di ruangan yang langsung terkena sinar matahari, sebaiknya diletakkan pada daerah teduh terlebih dahulu. 1 – 2 minggu kemudian terkena secara langsung tidak masalah, karena akar tanam sudah mulai kuat. Hairgrass sangat tahan terhadap serangan hama, kendala yang sering terjadi biasanya setelah kita tanam, daun akan menguning kemudian rontok, hal ini sangat lumrah, setelah mengalami proses tersebut tanaman akan tumbuh tunas / daun baru.
Pemupukan bisa kita semprot seminggu sekali dengan air yang sudah kita tetesi pupuk cair micro + macro sesuai dosis yang dianjurkan. Penanaman emersed tidak perlu menggunakan Co2, hanya memang waktu yang diperlukan cukup lama untuk memenuhi wadah berdiameter 5 cm. Selamat mencoba.

,

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *

 
Chat via Whatsapp